Senin, 15 Maret 2010

sukses dalam 15 menit

Bismillah..
Sahabat, Tahun baru 1431 Hijriyah sudah beberapa hari kita lewati. Bagaimana dengan impianmu di tahun ini ?
Mungkin ada yang mau melanjutkan S2, cari kerja, buat usaha, menghajikan orang tua, punya yayasan atau apapun. Iya khan ??

Tapi, pernah ga kita merenung sejenak, bahwa banyak mimpi yang selama ini mungkin terlupa, atau target yang boleh jadi terkikis dimakan lapuknya rutinitas yang seakan menjadi penghalang kita untuk mewujudkan mimpi-mimpi kita..

Jadi teringat, kata-kata inspiratif dari Pak Balia (dalam Film "Sang Pemimpi"), saat beliau memberikan motivasi bagi murid-muridnya, "Kesuksesan bukan hanya pada sebesar apa mimpimu, tapi sebesar apa dirimu untuk mimpi itu".

DAHSYAT !! kata-kata mujarab itu berhasil membius Ikal, Arai dan Jimbron untuk mulai bekerja dan belajar dengan semangat, Ya... energi itu muncul begitu saja saat mimpi begitu spesifik ditetapkan, bahwa mereka harus kuliah di Jakarta dan melanjutkan kuliah ke Sorbonne sambil berkeliling dunia.

Masih ingat kata-kata Arai, "Tanpa mimpi dan semangat orang-orang seperti kita akan mati".

Lalu bagaimana caranya agar cita dan harapan sejalan dengan realita dan rutinitas yang selama ini sudah biasa dijalankan. Sahabat yang masih kuliah, dengan kesibukan tugas yang seakan tiada jeda, belum lagi rapat organisasi yang seakan tiada henti. Padahal mimpi-mimpi terus menanti untuk terrealisasi.

Ada tips sederhana, yang mudah-mudahan bisa membantu sahabat semua.
Rumusnya : JUST 15 MINITUES.
Ya.. Hanya 15 menit..
Percaya atau tidak, hanya dengan meluangkan waktu 15 menit setiap hari kita bisa meraih target tahunan, bulanan atau apapun juga. Ga percaya khan ? Yukk.. lanjut bacanya..

Gini deh,
pernah ga kita merasa ingin ngapalin quran tapi ga ada waktu, ingin olah raga tip hari, tapi bablas terus.
Ingin rajin berkarya lewat tulisan, tapi ga kelar terus.. Ya.. kesalahan bukan pada rutinitas kita, tapi pada alokasi waktu yang tidak kita anggarkan.
Coba deh kita itung-itung...
Kalau meluangkan waktu setiap pagi untuk baca buku yang kita sukai, 15 menit aja. Berat ga ?
Ngaapalin quran 15 menit/hari lama nggak kira-kira ?
Atau sekedar stretching dan lari pagi, sit up dan push up (untuk laki-laki) setiap hari 15 menit aja, ga lama kan ?

Jadi, dari mana mulianya :
1. Tentukan peran hidup dan aktivitas kita yang sudah biasa

2. Tentukan target dari peran-peran yang mungkin selama ini dilupakan atau tak teraslokasikan, misalnya bersih-bersih kamar, nelpon dan mendoakan orang tua, meriver pelajaran atau mata kuliah yang telah diajarkan. Tulis sesuai dengan keinginan kita.
Misalkan : saya ingin hafal juz 30 6 bulan kedepan. Nah.. tinggal bagi deh berapa ayat per harinya harus kita hafal, insyaAllah nggak lebih dari 15 menit/hari ko !!

3. Luangkan waktu 15 menit untuk melakukan semua aktifitas dari peran-peran hidup kita

4. Eit.. jangan lupa.. Wajib meluangkan waktu setiap hari untuk mengevaluasi juga dahsyatnya perubahan hidup kita dengan JUST 15 MINITUES formula. valuasi mana yang sudah terapai, pa yang harus diperbaiki seok hari. Dan ukur sudah sedekat apa usaha dengan cita-cita.

5. lakukan selama 1 bulan alias 30 hari saja.
Ha ? terus ngapain udah itu ? bulan ke2 bnaikkan dong 5 menit aja.. kan udah terbiasa, ya nggak ? hanya 5 menit kok. Dan tambahkan setiap 1 bulan sekali, jangan banyak banyak nambahnya, 5 menit aja.

6. Dan yang paling penting, berdoa, agar Allah memudahkan usaha dan komitmen kita untuk terus menjadi lebih baik...

Ingat, Q.S. ArRo'du :11. "Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah suatu kaum/seseorang, sampai orang tersebut mengubah dirinya sendiri" .



Bersahabat dengan KONSISTEN

Bersahabatlah dengan KOMITMEN
Bersenang-senanglah dengan KONSISTEN
Karena merke berdua adalah teman yang akan mengantarkan kita
meraih CITA dan CINTA
yah...
mungkin tidak hari ini..
Namun... Sangat dekat sekali
Yakinlah ...

Tidak ada komentar: