Senin, 15 Maret 2010

bete

Bete banget sich...


BETEEEEEEEEEEE..........................


Pernah nggak ngerasa BeTe ? (Butuh Tausyiah kali ya !!)

males atau ga mood ngelakukan aktivitas yang seharusnya dilakukan ?
Padahal mungkin aja besok tugas tuh musti dikumpulin ? Tapi selalu aja ada alasan untuk menunda-nunda. Ya.. nyuci baju yang udah numpuk seminggu lah (ihh... nggak deh), nonon Teve sebentar lah (4 jam kayanya), Ngegame online 5 menit aja (jadi 5 jam akhirnya) .... dll.

Anyway, apapun alasan kita sebenarnya ada satu penyakit yang sama dari semua itu. "M A L A S and Men un da". Apa udah jadi wabah tahunan kali ya, kalau mau jujur pasti kita pernah dapet 2 penyakit ini.

Yuk.. bareng-bareng kita telusuri kenapa sih kita bisa kena penyakit seperti ini

1. Imunitas iman
Yah.. mirip-mirip ama imunisasi.. eh imunitas tubuh maksudnya. Kalau kualitas iman kita sedang menurun, ntu biasanya berdampak gedhe ke setiap aktivitas kita hari itu, misalnya, sholat Subuh kesiangan, terus ga tilawah apalagi al-matsurat pagi. Otomatis, pecaya atau nggak hari itu spirit kita berkurang untuk melakukan aktivitas

2. Gelap Prioritas
Maksudnye ?? Sabar.. sabar...
gini maksudnya..
pernah nggak kita melakukan pekerjaan yang sebenarnya puenting bangets.. tapi eh.. kita malah ngerjain yang nggak terlalu penting. Misalnya besok mau ujian, malah begadang nonton bola. kalau kaum hawa sih... nggak. Nggak beda maksudnya (he3x ..)update infotainment. Iya khan ?? Nah ini nih yang biasanya nguras abis waktu produktif kita.
Pasti tau semua kan kuadran waktu, penting ga penting, mendesak nggak mendesak. Nah.. orang sukses katanya, seringkali berada di zona pentinig tapi tidak mendesak. Itulah kuncinya mengapa mereka tuh kaya santai menjalani hidup tapi banyak yang udah diraih. The Keyword is ... Pandai memanfaatkan waktu.

Oh ya... sebagai mahasiswa juga.. godaan males di semester akhir begitu kuat dirasakan (curhat ini mah ..). Betapa tidak ? Saat Gejolak Produktifitas meningkat, kompetensi bertambah, dan gayung pun bersambut dengan tawaran-tawaran kerja yang menggiurkan yang mendatangkan fulus, seringkali mengubah haluan prioritas kita. Jadi bahasa kerennya disingkat dengan "Jangan sampai urusan kuliah, mengganggu pekerjaan" He3x.. ayo ngaku ?

jadi inget kata-kata dari Pak Syafi'i ANtonio sewaktu ngisi MABIT di Pusda'i kemarin.

La fuluusa manfuus... (Aduh.. kok yang diinget yang lucunya aja ya !!)

Perlu dipahami Kawan, saat kita masih pelajar atau mahasiswa, bagaimanapun kesibukan kita diluar, tugas kita yang utama yaitu belajar dan membereskan kuliah kita musti diperhatikan dan dinikmati...

Prinsipnya.. "Faidza faroghta Fansob" alias FOKUS.

Curhat aja nih...
saat asyik-asyiknya ngisi training dan bedah buku (sambil jalan-jalan githu ...), eh nggak kerasa harus mulai nyusun skripsi. Yah.. mau nggak mau, ada yang harus kita fokuskan terlebih dahulu.

Tinggal bagaimana kita mengoptimalkan waktu yang ada. (Tuh waktu nggak bisa nambah jadi 30 jam sih ...)


3. Lingkungan yang nggak kondusif

Baru dateng ke kostan udah banyak temen yang ikut nonton TeVe atau curhat, belum lagi kamar sebelah yang ributnya minta ampun. Cari tempat dan suasana lain lama di jalan. Tidaaak....
Nah ... kalau masalahnya seperti itu, harus ada ketegasan. tempel yang beasr di luar pintu "MAAF BELUM BISA DIGANNGU !! Sedang kejar setoran".. misalnya
Siapkan headset yang tebel biar nggak keganggu temen sebelah yang kurang peka.

Wuih.. banyak banget ya alesannya.
Tapi obat mujarabnya hanya satu kok. Apa tuh ??

3 L :

1. Lakukan dengan hati senang
2. Kok masih diem ? Lakukan sekarang
3. Ye... masih diem juga... yuk !! Lakukan sekarang

Tidak ada komentar: